Substitusi Kampas Kopling Satria FU150 Pakai Punya RGR
Ehmm memang Untuk penggembot Satria di Rasa Perlu Nehhh....
OTOMOTIFNET - Meningkatkan performa mesin Suzuki Satria FU150, sebaiknya diimbangi komponen pendukung lain agar hasil upgrade tak sia-sia.“Percuma saja bila mesin sudah sangar, tetapi transfer tenaga ke roda tak maksimal,” jelas Komar dari Jaya Speed (JS) di daerah Ciputat, Tangerang.
Paling krusial ada di rumah kopling yang kerap tak mampu menahan tenaga mesin yang sudah membengkak dari standar pabrik. Utamanya bagian kampas kopling yang cepat selip atau bahkan gosong. Ini lantaran kemampuan kampas tak sanggup meredam tenaga mesin saat akselerasi pertama.
SUZUKI RGR150R
Cara yang tak bisa ditolerir; mengganti kampas kopling dengan material berkemampuan tinggi. Pertanyaan lalu muncul, pakai produk apa karena produk aftermarket tak ada bahkan nyaris tak tersedia. Komar punya cara jitu dengan mencomot produk milik saudara tua.
Dari beberapa kali riset di arena balap dan harian, Komar mendeteksi produk kampas kopling Suzuki Satria FU150 yang setali tiga uang dengan Suzuki RGR150R keluaran lawas. “Meski motor produk lama, tetapi komponen orisinalnya mayoritas masih asli negeri Sakura,” bisik Komar seolah tak ingin terdengar.
Melongok fisik dan dimensinya memang nyaris serupa. Bahkan bisa dibilang plek-plekan. Makanya saat mengganti pun tak ada masalah sama sekali. Prosesnya sama dengan mengganti kampas kopling standar Satria FU
“Tinggal buka bak penutup kopling dengan kunci T kemudian dilanjut membuka rumah kopling,” terang pria bertubuh kecil ini.
Saat rumah kopling sudah terurai tinggal comot kampas kopling yang mulai gosong dan gantikan dengan milik RGR150R . Sepintas tak beda tetapi sebenarnya kekuatan material kampas yang tak bisa dibohongi.
Warna dan tekstur kampas langsung terlihat kesan heavy duty . Maklum RGR150R terlahir 150 cc dengan langkah 2-Tak yang notabene punya output tenaga lebih besar.
Harganya pun di atas banderol kampas kopling milik Satria FU150. Kampas kopling ori SGP (Suzuki Genuine Parts) dibanderol Rp 65 ribu per lembar. Bandingkan dengan kampas kopling Satria FU yang dijual Rp 50 ribu per lembar.
Bisa dicek dari nomor parts 21441-13A401 yang tertera di buku atau plastik kemasan. Usai pemasangan kampas anyar ke rumah kopling, kembalikan komponen lain sampai terpasang kembali dengan rapi
sumber
7 komentar:
gan ane pnya satria FU thun 2008 ada masalah dari kopling… kopling’a klo di tekan nyolonong ja (jlan trus) padahal tuh kopling sdah di seting.. stelah di cek ke bngkel resmi atau biasa harus ganti kmpas kopling, rmha kopling, dan tali kopling… ssudah diganti memng smbuh tuch pnyakit tpi klo sdah dapat 2/3 minggu ke depan pnyakit’a selalu kambuh agy…. perkiraan apa nya gan… biar ga sperti itu agy... tlong jwab yuah gan…
Plat kopling ny tuh gan mungkin dah tipis minta ganti
Punya saya ga bisa sulit netral, knapa ya?
Fu 2010 lengkap masih mulus,cuma prodonya aja yg kena,harga 4,5 juta....mahal g bis
Gan saya baru aja ganti kanvas kopling fu saya Pakai yg ori sgp,kalau over gigi 1 ke gigi 2,itu hentakannya terasa mantap.
Tapi kalau saya over ke gigi 3 dan seterusnya, gk terasa lagi hentakkannya.
Itu knp ya Gan?
Gan motor saya 2011 kendalanya kalau di hentakin dari gigi kecil suka kaya yang slip , tapi klu gak di hentakin malah sendat sendat si motor jalannya , kira kira kendalanya dari apa ? Soalnya saya pergi ke bengkel gak temu titik terang , mohon bantuannya trmksh 🙏
bos motor saya satria fu 2012,, kalau mau nuruni gigi dari 3 ke 2
keras susah masukx,, mohon infox,, sm suasah dinetralkan
Posting Komentar
Tempat sharing informasi . Berbagilah ilmu di sini
Terimakasih