Pages

Kamis, 18 Oktober 2012

Bore-Up 150cc Buat Matic | Beat danVario

Bore-Up 150cc Buat Matic | Beat danVario . Buat penggemar matic yang gak mau tungganganya lari biasa-biasa saja ,artikel tentang cara bore-up berikut ini bisa membantu.Ada beberapa langkah dan part yang perlu di ganti agar tu matic bisa lari kenceng , simak aja sampe selesai ya !.
Salah satu yang ramai di balap skutik adalah kelas 150 cc. Mengingat ubahan pada mesin tak terlalu ekstrem, otomatis ongkos untuk membangun besutan juga tak terlalu mahal. Semua merek pun bisa berpartisipasi di kelas ini.

Tak terkecuali skutik buatan PT Astra Honda Motor (AHM), BeAT dan Vario. Nah agar bisa bersaing apa saja sih yang diubah? Ternyata tak hanya ganti piston. “Utamanya ganti piston pakai yang lebih gede, namun biar maksimal ada ubahan pada part lainnya,”Tapi tidak menutup kemungkinan dapat digunakan juga untuk harian, namun tentu dengan sedikit  di turunkan speck nya.

  • Piston

    Diganti dengan yang berdiameter besar sebagai salah satu cara menaikkan kapasitas mesin. Buat bore-up 150 cc, cukup pake seher 58,5 mm.
        
  • Kepala Silinder

    Diporting & polish jadi menu wajib kalau mau bore-up. Itu buat melancarkan aliran masuk bensin dan keluarnya gas buang. Klep bisa pakai asli atau aftermarket. Tapi per-nya kudu pakai produk aftermarket demi mencegah floating.
     
  • Noken As

    Inilah pengatur kinerja klep. Standarnya dilakukan ubahan pada durasinya, atau bisa juga pakai produk aftermarket.

  • CDI & Koil

    Agar nafas mesin matic lebih panjang, CDI pakai tipe racing. Demikian juga koilnya agar percikan api lebih besar, sehingga pembakaran lebih sempurna. Tapi, Kalo untuk harian, standarnya sudah cukup.

  • Karburator & Knalpot

    Penggantian kedua part ini disesuaikan kebutuhan, untuk harian tentu sesuai selera dan dana, jadi bisa pakai karbu gambot dan knalpot aftermarket. Nah, jika untuk balap mesti disesuaikan regulasi. Tetap pakai standar atau boleh diganti.Bagi kalian yang demen buat naikin tenaga pada metic / Bore Up kesangan nya bisa buat referensi .Otomotifnet

81 komentar:

  1. Saya udah punya beat nih udh d.bore up 130cc ..
    Karbu standar .. Pengapian standar pabrik
    MOTOR HARIAN BUKAN BUAT BALAP

    testing pertama 100m 6 detik
    testing kedua 201m 8.2 detik
    target sih 201m 7 detik bisa gak tuh ???
    Mohon d.bantu buat ngeraciknya..hhehee

    BalasHapus
  2. prettt.. lawan gerobak aje

    BalasHapus
  3. coba ganti karbu pe 24 yg original atau pe 26 terus ganti noken as kawahara atau cld. kalo ada uang lebih lagi, ganti cdi brt pengapian bisa diganti koil kharisma lalu dibuat ground strap di bagian koil.

    BalasHapus
  4. bang ane lg mau nyoba bkin motor nouvo ane 54an bang . .
    minta panduan nya ya?
    dari mesin sampe cvt . .
    trims . .

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. gan kalau naik 56 enak nya pakai seher apa iia ??
    pake seher 0 joy noken as kawahara pengapian standar cdi standar limit nya deket bgt tis nya dong gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunci Nya Cuma Satu Mas (Spul)
      Sepuluh Juta Maksudnya

      Hapus
  7. Artikel nya sangat membantu bro ,,
    Buat yang lagi nyari part racing , mampir bro ke blog kita Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop

    BalasHapus
  8. Saya punya mio 215cc bisa pake harian ko, balap apa lagi
    Speck mesin ... Struck 5mm piston tiger0,25 karbu p.e udah remer 32 puli dpn blakng pake kawahara pengapian kami pake brt rasio nuvo tapi enak enak aja ko harian darrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhahaha, nih bang dimana mana mio mentok nya 200 cc, kalo beat karbu 175

      Hapus
    2. Hhahaha, nih bang dimana mana mio mentok nya 200 cc, kalo beat karbu 175

      Hapus
    3. Kta siapa mio mntok 200cc punya gua ajja ugh 300cc

      Hapus
    4. Emg slinderny ada brpa smpe 300 cc gtu?

      Hapus
    5. Mio bisa di bikin jadi 300cc, tapi tetep cari aman pada jalur oli... biar gak bocor pake seher 66mm ,, mio dengan seher 66 aman ya gan .. jadi jangan takut buat up 66.. nah dengan membengkaknya seher.. cc udah dapat sekitar 200cc... nah untuk sampai pada 300cc.. kruk as di oprek banyak ... bukan dikit ya gan... hehehe...singkatnya strokan di buat jadi 86mm.... hingga klw di hitung cc motor mendekati 300 cc.. atau di bulatkan menjadi 300cc..... sekian infonya..

      Hapus
    6. Beat ku tarikan berat padahal roller udah diganti 8gr
      Klep sonic
      Seher kaze
      Koil ktc
      Cdi varo non limit
      Karbu pe 26
      Gimana ya solusi nya

      Hapus
    7. Gua punya motor vario udah pake seher kaze,per klep smash,roller 7 gr,per cvt punya spacy injeksi,karbu pe 28,belting pake punya spin,as klep nya di papas,tapi cepat limit.kasih solusi nya gan

      Hapus
    8. diameter luar boring mio kaalau tidaki salah berkisar 73. kalau mau lebih besar. harus gedein crankcase lagi. saya pernah ngerjakan motor temaan. mio piston 72mm. blok sampai dilas ulang bagian siripnya. buat Harian kerja hehe.

      Hapus
    9. Bang ane punya Vario 110 pake seherer Vixion stang seger Vega karburator PE 28 nah klep.per klep.cdi.koil Ama make oli apaan yg enak sekarang make oli mpx2 sama masih make premium
      make punya apa mohon balasannya

      Hapus
  9. Kita bikin jebol mulu dah . Pake seher 54 stuck 2 mm . Rasio nuvo . Puli belakang pake kawahara semuanya standart tp jebol mulu . Minta tips nya dong bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. d hitung kompresinya bro , jangansampe kompresi tinggi bahan bakarnya pertalite

      Hapus
  10. A syakan pnya beat a mau di cadiin 150 tuh biar amannya gimana

    BalasHapus
  11. Bos vario spec 54 biar lebih enak pake klep diameter brp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw buat vario... dan bukan hanya vario... penentuan klep yang di pakai di tentukan oleh ukuran seher motor ... kebetulan ane punya vario jenis cbs 110cc... piston aplikasi dari kawahara.. berukuran 58,5mm.. klep ane pakai punya sonic 28/24.. untuk in seharusnya sih pakai 29 atau 29,5 dari hasil hitung persentase maksimal dikali ukuran seher.. tpi biar gak ribet lagi samain aja kaya sonic hehehe... lanjut ke leptop jeheheehe.... nah,, dengan ukuran klep yg agak membengkak... head harus sdikit di modifikasi. Menghindari kebocoran pada water jacket... yg menyebabkan air radiator masuk ke ruang bakar... jadi untuk menghindarinya water jackat pada head di tambal akan tetapi tidak seutuhnya... hanya menutup lubang permukaan head aja.. jadi air liquid masih berfungsi seperti standarnya.... lanjut.. per klep ane pakai per klep swedia ukuran 34.. biar gak floting gitu hehehe.... porting polis udah pasti...hehehe... cdi ane pakai brt dual band.. karbu ane pakai pe 28 thailand.. kem ane pakai kawahara k2... di papras dikit biar aduhai hehe.... sekarang kita lanjut ke jantung motor.. alias si tofa gila hehehe... kruk as di modifikasi dikit alias stroke up... ane naikin strokenya cuma 2mm..... dikit banget yak... upzzz jangan salah walau dikit tpi bikit ngibrit... heheje... klw bisa... dan harus bisa.. balancing bisa zero point zero aliar 0,0.. biar tenaga gak banyak kebuang...jika di total stroke naik jadi 59.. nah untur pully ... ane bubut dikit... lintasan rumah roller di panjangin dri standarnyA.. alias di bor cun jejeje.... per cvt ane pakai kawahara 2000 rpm... nah klw masalah roller agan bisa sesuain dengan kebutuhan si kuda... berapa gram yg akan di pakai... untuk saya sendiri pakai roller tdr 10 dan 12 gr... dari oprekan dapur pacu di atas... cc motor naik jadi 160cc lebih dikit... maaf gak bisa detail masalah cc.. soalnya ane malas ngitung hehehe.... klw masalah hasil.. jika di bandingkan dengan satria fu. Yg suka gbar geber di jalan ,yang hanya gandi knalpon cdi. Ama karbu gede dengan suara kenalpot yg buntu2 mah.. gak ada apa2nya.... hehehe bukan sombong tpi tpi udah tes berkali2.. bahkan sempat lari sama mio speak 66.. yah hasilnya vario bisa melewati cobaan hehehe...

      Hapus
    2. Per klep std vario itu ukurannya brp ya bang?
      Enakan pk klep swedia ato per klep smash bang?

      Hapus
  12. Ane punya beat udah bore up 130cc piston 55mm stroke-an 2mm jadi 140cc, rumah roller / pulley di bubut, roller 9 rata CLD, per kampas kopling 1000rpm CLD, per kopling 1500rpm KTC. Sisanya standar tapi udah bisa terbang sana sini gan kalo buat harian (buat harian ya bukan buat balap ) wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah harga tergantung dari sperpart yg kita gunakan. Dan ongkos yg diminta si mekanik... bisa mas bro hitung... mulai dri blok... beat klw hanya menggunakan piston 54... bisa kita pakai jasa oversize aja... dan tergolong aman buat boring standar... biayanya sekitar 50rb an. Dan untuk harga seher, 54.. jenis npp berkisaran 150rb.. untuk kem, agan bisa pakai kem standar. Tapi di bubut alias di modif,, klw saya sendiri mintanya cuma 175rb aja hehehe... tpi klw pakai part recing harga berkirasan 225-350 ribu.. tinggal pilih pakai merk apa... akan tetapi karna udah pakai part recing.. langsung cocok di motor agan.. mungkin akan mengalami modif juga hehehe... nah untuk porting polis klw di tempat ane biasa tak mintain 75-100 aja ... kemudian lanjut ke pully2... per cvt bosa pakai 1000rpm part racing harga sekitar 75-85 rb... tergantung si pedagang aja... roller berkisar antara 50-65 rb.. untuk cc dengan spek 54 udah dapat 126 cc.. yah bisalah bersaing dengan mx 135 cc... asal mekanik yg kerja juga bener... terutama dalam pengaplikasian noken as(kem)... sekian info... maaf sebelumnya saha hanya memakai perbandingan harga sperpart... yg jelas harga tidak jauh berbeda...

      Hapus
    2. Gan klo mau pket hour up beat 150cc brp??
      Bleh gak minta no HP nya?

      Hapus
    3. Gan klo mau pket bour up beat 150cc brpaan Gan?..tlng info nya Gan.
      Sama no yg bisa d hubungi.?

      Hapus
    4. Kalo vario 110cc pngen jadi 150 brpa gan dan lokasi mna

      Hapus
  13. bang ane mau ngerubah beat fi.jdi motor drag.tpi buat sehari hari di pakai bisa..gmna solusi nya..trimz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau jadi 130 aja, kalo dijadiin drag gabisa harian, kalo dipake harian nanti jebol

      Hapus
    2. Kalo mau jadi 130 aja, kalo dijadiin drag gabisa harian, kalo dipake harian nanti jebol

      Hapus
    3. Hahahaha betul alfin... klw beat mentok bisa di kerja sampai 150cc,, itu dalam kategori bore up(over bor) jika di iringi dengan naiknya langkah piston alias stroke... beat bisa nyentuh angka 164-170cc... akan tetapi crankcase udah pasti di obrak abrik.. hehehe dan keselamatan si kuda tergantung dri tangan si penunggang... klw si penunggang selalu suka memecut si kuda kemungkinan si kuda bakalan ngambek.. dan akhirnya masuk kerumah sakit spesialis kuda besi wakwawkakwak..... satu saran saya. Piston gede atau cc tinggi bukan penopang kecangnya motor percuma klw seher gede, cc tinggi.. tapi lari gak ok... di bandingkan seher gak gede amat jehehe... tpi otak motornya(noken as) jozzz... pasti motor bakal ngibrit... semoga bermanfaat

      Hapus
  14. Bang beat stroke 6 mm pakai kamprat apa bang kasih karisma terlalu panjang .
    Mohon info ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beatnya naik stroke pakai pen stroke atau geser big hed? Klw pakai pen stroke setau saaya dri segala merk part recing... ukuran penstroke berukuran 1mm- 5,5mm,,,, atau mungkin ada part barunya lagi..

      Hapus
    2. Beatnya naik stroke pakai pen stroke atau geser big hed? Klw pakai pen stroke setau saaya dri segala merk part recing... ukuran penstroke berukuran 1mm- 5,5mm,,,, atau mungkin ada part barunya lagi..

      Hapus
  15. Klo vario cw jdi 200cc gimna cranya boss?

    BalasHapus
  16. Klo vario cw jdi 200cc gimna cranya boss?

    BalasHapus
  17. beat saya standar 108cc klo pen + ke 150cc abis brpa yak? :V

    BalasHapus
  18. Bang beat ku roller 9gram kalau ganti per cvt enaknya gnti per cvt apa ya ? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  19. Bang saya punya vario udah pake seher kaje100 kleb sonic 28/24ama noken as punya vega. Karbu pake pe28keihin. Roller 10gram rata.ama per 2000rpm punya beat tapi gada larinya ini bang gada pisan. Bingung saya nyari larinya ini bang.apanya yang kurang ya bang? Mohom bantuannya ya bang.

    BalasHapus
  20. Bang kalo blok mesin Honda beat yang jebol apa bisa d.perbaiki/d.oprasi lagi biar bisa make lagi?

    BalasHapus
  21. Saya mau belajar bikin beat spek 54 caranya gimana yaa suhu ? Hehe mau belajar soalnya

    BalasHapus
  22. misi bang, kalo vario 125 udh di ganti boring blok nya udh pake seher 58, kok sensor radiator nya hidup yah, terus air coolant nya berkurang terus, saran nya bang biar sensor nya mati dan air coolant nya gak berkurang lagi

    BalasHapus
  23. Bang klw mesin beat mau ganti piston ukuran ,55/54 biasa nya dari mrek motr apa ya. Trus kalo seher 55 noken as perlu di bbut ga. Atau di klep nya yang di besarin.
    Infonya ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya klep ga di gantipun gpp bang soalnya beat punya klep yang cukup buat nopang mesin 130cc
      Ti tipisin aja klepnya di ratain om
      Noken as ga harus di bubut
      Cmn ya kalau pengen enak sih di bubut rubah durasinya
      Kalau saran pake noken as brt ga berisik tapi larinya asik hanya berbagi pengalaman maaf kalau masih salah suhusuhu

      Hapus
    2. Numpang tanya bro
      Gwe punya vario 110 esp iss
      Pengen bore up ke 130 cc buat harian..kira kira dana 1jt kurang ato sisa
      Yg sudah pernah tolong invite pin gw D6FD6FD7

      Hapus
  24. bang ak pnta beat udh 115cc harus pke loller brapa grm.

    BalasHapus
  25. Bang blok boreup tdr sama kawahara 54,5 bagusan mana untuk honda beat touring jarak jauh

    BalasHapus
  26. Gan saya punya vario cw 110cc kalau di bore up bisah sampai mentok brapa cc mohon dijawab trimakasih

    BalasHapus
  27. Bang mau tanya beat fi kalo udah ganti pake oversize ukuran 25, cc.nya naik jadi berapa ?

    BalasHapus
  28. Bang mau nanya beat fi kalo udah diganti oversize ukuran 25,cc.nya jadi berapa ? Tolong dijawab makasih

    BalasHapus
  29. Vario 110 esp bore up ke 130 cc habis brapa daleman 54.an

    BalasHapus
  30. Mas saya punya beat karbu pgn jdiin lodres seher uda di korter uk 0,75 luler 9gr percevity di tambahin lagi dua putaran tapi masi kurank enak lariny

    BalasHapus
  31. Mas saya punya beat karbu pgn jdiin lodres seher uda di korter uk 0,75 luler 9gr percevity di tambahin lagi dua putaran tapi masi kurank enak lariny

    BalasHapus
  32. nih bagi yang mio..itu klep udah di ganti belum.. jelas jebol mulu kalau klep blm di ganti trus bawa nya gadrek jgn di tanya kalau bakal jebol apa gak..
    struk gak usah gede2 cukup 2mm..CDI make mio yg lama..masalah karbu meh bisa aja make bawaan deller cuma di rombak lagi dalemannya..yh yg lebih simpel nya pake PE28 aja..yg ORI nya kalau bisa..

    tanya yg buat beat shi...mohon bantuannya

    BalasHapus
  33. Saya punya vario techno 110 mau di bikin piston ukuran 57 roller 11-9 per cvt 1500 rpm kira-kira aman nggak?

    BalasHapus
  34. mohon bntuannya....
    sa pnya beat piston pkek 56,klep sma pernya sonic,noken k2,cdi brt,krbu pwk 30,cylinder sma cylinder head sdah dpapas,rumah roller sdah bikinan,per cvt pkek yg 1500,per kmpas gnda jg yg 1500,roller pkek 7gr...byr buka gas lgsg bsa trbang yg dibikin apanya lg e....mhon bantuannya

    BalasHapus
  35. mohon bntuannya....
    sa pnya beat piston pkek 56,klep sma pernya sonic,noken k2,cdi brt,krbu pwk 30,cylinder sma cylinder head sdah dpapas,rumah roller sdah bikinan,per cvt pkek yg 1500,per kmpas gnda jg yg 1500,roller pkek 7gr...byr buka gas lgsg bsa trbang yg dibikin apanya lg e....mhon bantuannya

    BalasHapus
  36. Mau nanya motor punya aku spacy fi tapi udah di upgrade 160 cc tapi performa nya nggak full buat di pakai harian

    BalasHapus
  37. Sory banq ane mao nanya, ane punya veqa lama, seher ane pake kaje os 1.00/54mm enak'a pake klep sonik apa soqun?? Mohon d.jawab

    BalasHapus
  38. Mohon bantuannya gan..
    Klau beat carbu yg masih standar klau mau di jdikan 150 cc brpa biaya yg dprlukan gann

    BalasHapus
  39. pengen boreup vario 110 jadi 150.brapa biyaya nya

    BalasHapus
  40. Mau nanya gan, kalau beat ane standar trus mau di naikan 150cc pake seher motor apa gan.

    BalasHapus
  41. Om mau nanya om .. Mio saya pake piston 58 , klep pake 28/24 (head aftermartket)magnet bubut
    Knoken as after market ..
    Tp masalahnya dikarbu om ..
    Apa cocok pake karbu ninja r om ?
    Skr pake pe 28 tp "mbrebet mbrebet" om
    Makasih om ..

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum
    Permisi om kita mau bore up vario 110 fi esp buat harian , punya duit ga banyak sihh... Kira" 1juta lahh, Tolong kalo ada yang mau kerjain atau kasih resep nya . Wa 085700261415

    BalasHapus
  43. Saya punya beat pink yg diberinama silvy. Piston 53 pake kaze,cvt 1500rpm,per otomatis 1000rpm roller 7 dan 9,nokenas papas dikit, koil ktc dan cdi brt dualband, karbu pake pwk 24 uma. Knalpot bobokan. Sisanya bawaan pabrik cuma diporting aja. Dipake harian ngacir bosku,lumayan ukuran 130cc bisa melayang-layang. Bensin pakai premium masih ok ya sesekali pertamak sih. 0-100km cuma 6detikan kalo ga salah. Nafas ga habis2 hhe.

    BalasHapus
  44. Mau tanya vario 110 old kalau pake piston 54 untuk harian amankah??

    BalasHapus
  45. mau tanya Gan. Scoopy Esp 2017 ring 12 noken as bisa pakai punya keluarga Honda yg sama apa? beat Fi bisa kah? atau merk racing pakai apa yg recommended. terima kasih gan mohon dijawab

    BalasHapus
  46. Gan kita mau tanya vario 125 injek apa bisa di ganti boring

    BalasHapus
  47. Bang, honda beat karbu punya saya udah Up pake piston 200 kz ,noken as bubutan , klep stndar ,cuman per klep nya pake 22 ,maksudnya dobel .
    Belakangan pake beat injek 1 set ,roll nya pake 8 g ,cvt 1500 .v belt nya pake std beat karbu. Karbu std pake pilot 38 main 40 . Pengapian semua std .
    Kira kira jadi berapa cc ?

    BalasHapus
  48. Ada yang tau over bos(perbersar lubang crankcase) beat Fi maksimal nya brapa mm ??!!

    BalasHapus
  49. yg mau minta rekomendasi spek beat 130cc atau 150cc bisa wa 085773370980 gratis ga akan di mintain bayaran

    BalasHapus

Tempat sharing informasi . Berbagilah ilmu di sini
Terimakasih