Bore-Up 150cc Buat Matic | Beat danVario

Bore-Up 150cc Buat Matic | Beat danVario . Buat penggemar matic yang gak mau tungganganya lari biasa-biasa saja ,artikel tentang cara bore-up berikut ini bisa membantu.Ada beberapa langkah dan part yang perlu di ganti agar tu matic bisa lari kenceng , simak aja sampe selesai ya !.
Salah satu yang ramai di balap skutik adalah kelas 150 cc. Mengingat ubahan pada mesin tak terlalu ekstrem, otomatis ongkos untuk membangun besutan juga tak terlalu mahal. Semua merek pun bisa berpartisipasi di kelas ini.

Tak terkecuali skutik buatan PT Astra Honda Motor (AHM), BeAT dan Vario. Nah agar bisa bersaing apa saja sih yang diubah? Ternyata tak hanya ganti piston. “Utamanya ganti piston pakai yang lebih gede, namun biar maksimal ada ubahan pada part lainnya,”Tapi tidak menutup kemungkinan dapat digunakan juga untuk harian, namun tentu dengan sedikit  di turunkan speck nya.

  • Piston

    Diganti dengan yang berdiameter besar sebagai salah satu cara menaikkan kapasitas mesin. Buat bore-up 150 cc, cukup pake seher 58,5 mm.
        
  • Kepala Silinder

    Diporting & polish jadi menu wajib kalau mau bore-up. Itu buat melancarkan aliran masuk bensin dan keluarnya gas buang. Klep bisa pakai asli atau aftermarket. Tapi per-nya kudu pakai produk aftermarket demi mencegah floating.
     
  • Noken As

    Inilah pengatur kinerja klep. Standarnya dilakukan ubahan pada durasinya, atau bisa juga pakai produk aftermarket.

  • CDI & Koil

    Agar nafas mesin matic lebih panjang, CDI pakai tipe racing. Demikian juga koilnya agar percikan api lebih besar, sehingga pembakaran lebih sempurna. Tapi, Kalo untuk harian, standarnya sudah cukup.

  • Karburator & Knalpot

    Penggantian kedua part ini disesuaikan kebutuhan, untuk harian tentu sesuai selera dan dana, jadi bisa pakai karbu gambot dan knalpot aftermarket. Nah, jika untuk balap mesti disesuaikan regulasi. Tetap pakai standar atau boleh diganti.Bagi kalian yang demen buat naikin tenaga pada metic / Bore Up kesangan nya bisa buat referensi .Otomotifnet

31 komentar:

xxx mengatakan...

Saya udah punya beat nih udh d.bore up 130cc ..
Karbu standar .. Pengapian standar pabrik
MOTOR HARIAN BUKAN BUAT BALAP

testing pertama 100m 6 detik
testing kedua 201m 8.2 detik
target sih 201m 7 detik bisa gak tuh ???
Mohon d.bantu buat ngeraciknya..hhehee

Anonim mengatakan...

prettt.. lawan gerobak aje

Anonim mengatakan...

coba ganti karbu pe 24 yg original atau pe 26 terus ganti noken as kawahara atau cld. kalo ada uang lebih lagi, ganti cdi brt pengapian bisa diganti koil kharisma lalu dibuat ground strap di bagian koil.

Anonim mengatakan...

bang ane lg mau nyoba bkin motor nouvo ane 54an bang . .
minta panduan nya ya?
dari mesin sampe cvt . .
trims . .

ulfa marufah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

gan kalau naik 56 enak nya pakai seher apa iia ??
pake seher 0 joy noken as kawahara pengapian standar cdi standar limit nya deket bgt tis nya dong gan

Advie Motor Racing Shop mengatakan...

Artikel nya sangat membantu bro ,,
Buat yang lagi nyari part racing , mampir bro ke blog kita Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop

Kelompok4 9D mengatakan...

Saya punya mio 215cc bisa pake harian ko, balap apa lagi
Speck mesin ... Struck 5mm piston tiger0,25 karbu p.e udah remer 32 puli dpn blakng pake kawahara pengapian kami pake brt rasio nuvo tapi enak enak aja ko harian darrr

ricky mengatakan...

Kita bikin jebol mulu dah . Pake seher 54 stuck 2 mm . Rasio nuvo . Puli belakang pake kawahara semuanya standart tp jebol mulu . Minta tips nya dong bang

naky achirudin mengatakan...

A syakan pnya beat a mau di cadiin 150 tuh biar amannya gimana

Anonim mengatakan...

Bos vario spec 54 biar lebih enak pake klep diameter brp

Anonim mengatakan...

Ane punya beat udah bore up 130cc piston 55mm stroke-an 2mm jadi 140cc, rumah roller / pulley di bubut, roller 9 rata CLD, per kampas kopling 1000rpm CLD, per kopling 1500rpm KTC. Sisanya standar tapi udah bisa terbang sana sini gan kalo buat harian (buat harian ya bukan buat balap ) wkwkwkwk

Bobi Setiawan mengatakan...

bang ane mau ngerubah beat fi.jdi motor drag.tpi buat sehari hari di pakai bisa..gmna solusi nya..trimz

Faruq M mengatakan...

Bang beat stroke 6 mm pakai kamprat apa bang kasih karisma terlalu panjang .
Mohon info ya bang

Unknown mengatakan...

Hhahaha, nih bang dimana mana mio mentok nya 200 cc, kalo beat karbu 175

Alfin Oi mengatakan...

Kalo mau jadi 130 aja, kalo dijadiin drag gabisa harian, kalo dipake harian nanti jebol

Alfin Oi mengatakan...

Kalo mau jadi 130 aja, kalo dijadiin drag gabisa harian, kalo dipake harian nanti jebol

Alfin Oi mengatakan...

Hhahaha, nih bang dimana mana mio mentok nya 200 cc, kalo beat karbu 175

Gozin Speed#71 mengatakan...

Kta siapa mio mntok 200cc punya gua ajja ugh 300cc

sayid jafar mengatakan...

Abis berapa gan kirakira??

sayid jafar mengatakan...

Abis berapa gan kirakira??

Unknown mengatakan...

Klo vario cw jdi 200cc gimna cranya boss?

Unknown mengatakan...

Klo vario cw jdi 200cc gimna cranya boss?

Giar Tamvan mengatakan...

beat saya standar 108cc klo pen + ke 150cc abis brpa yak? :V

Giar Tamvan mengatakan...

Emg slinderny ada brpa smpe 300 cc gtu?

Ampuni. mengatakan...

Mio bisa di bikin jadi 300cc, tapi tetep cari aman pada jalur oli... biar gak bocor pake seher 66mm ,, mio dengan seher 66 aman ya gan .. jadi jangan takut buat up 66.. nah dengan membengkaknya seher.. cc udah dapat sekitar 200cc... nah untuk sampai pada 300cc.. kruk as di oprek banyak ... bukan dikit ya gan... hehehe...singkatnya strokan di buat jadi 86mm.... hingga klw di hitung cc motor mendekati 300 cc.. atau di bulatkan menjadi 300cc..... sekian infonya..

Ampuni. mengatakan...

Klw buat vario... dan bukan hanya vario... penentuan klep yang di pakai di tentukan oleh ukuran seher motor ... kebetulan ane punya vario jenis cbs 110cc... piston aplikasi dari kawahara.. berukuran 58,5mm.. klep ane pakai punya sonic 28/24.. untuk in seharusnya sih pakai 29 atau 29,5 dari hasil hitung persentase maksimal dikali ukuran seher.. tpi biar gak ribet lagi samain aja kaya sonic hehehe... lanjut ke leptop jeheheehe.... nah,, dengan ukuran klep yg agak membengkak... head harus sdikit di modifikasi. Menghindari kebocoran pada water jacket... yg menyebabkan air radiator masuk ke ruang bakar... jadi untuk menghindarinya water jackat pada head di tambal akan tetapi tidak seutuhnya... hanya menutup lubang permukaan head aja.. jadi air liquid masih berfungsi seperti standarnya.... lanjut.. per klep ane pakai per klep swedia ukuran 34.. biar gak floting gitu hehehe.... porting polis udah pasti...hehehe... cdi ane pakai brt dual band.. karbu ane pakai pe 28 thailand.. kem ane pakai kawahara k2... di papras dikit biar aduhai hehe.... sekarang kita lanjut ke jantung motor.. alias si tofa gila hehehe... kruk as di modifikasi dikit alias stroke up... ane naikin strokenya cuma 2mm..... dikit banget yak... upzzz jangan salah walau dikit tpi bikit ngibrit... heheje... klw bisa... dan harus bisa.. balancing bisa zero point zero aliar 0,0.. biar tenaga gak banyak kebuang...jika di total stroke naik jadi 59.. nah untur pully ... ane bubut dikit... lintasan rumah roller di panjangin dri standarnyA.. alias di bor cun jejeje.... per cvt ane pakai kawahara 2000 rpm... nah klw masalah roller agan bisa sesuain dengan kebutuhan si kuda... berapa gram yg akan di pakai... untuk saya sendiri pakai roller tdr 10 dan 12 gr... dari oprekan dapur pacu di atas... cc motor naik jadi 160cc lebih dikit... maaf gak bisa detail masalah cc.. soalnya ane malas ngitung hehehe.... klw masalah hasil.. jika di bandingkan dengan satria fu. Yg suka gbar geber di jalan ,yang hanya gandi knalpon cdi. Ama karbu gede dengan suara kenalpot yg buntu2 mah.. gak ada apa2nya.... hehehe bukan sombong tpi tpi udah tes berkali2.. bahkan sempat lari sama mio speak 66.. yah hasilnya vario bisa melewati cobaan hehehe...

Ampuni. mengatakan...

Kalau masalah harga tergantung dari sperpart yg kita gunakan. Dan ongkos yg diminta si mekanik... bisa mas bro hitung... mulai dri blok... beat klw hanya menggunakan piston 54... bisa kita pakai jasa oversize aja... dan tergolong aman buat boring standar... biayanya sekitar 50rb an. Dan untuk harga seher, 54.. jenis npp berkisaran 150rb.. untuk kem, agan bisa pakai kem standar. Tapi di bubut alias di modif,, klw saya sendiri mintanya cuma 175rb aja hehehe... tpi klw pakai part recing harga berkirasan 225-350 ribu.. tinggal pilih pakai merk apa... akan tetapi karna udah pakai part recing.. langsung cocok di motor agan.. mungkin akan mengalami modif juga hehehe... nah untuk porting polis klw di tempat ane biasa tak mintain 75-100 aja ... kemudian lanjut ke pully2... per cvt bosa pakai 1000rpm part racing harga sekitar 75-85 rb... tergantung si pedagang aja... roller berkisar antara 50-65 rb.. untuk cc dengan spek 54 udah dapat 126 cc.. yah bisalah bersaing dengan mx 135 cc... asal mekanik yg kerja juga bener... terutama dalam pengaplikasian noken as(kem)... sekian info... maaf sebelumnya saha hanya memakai perbandingan harga sperpart... yg jelas harga tidak jauh berbeda...

Ampuni. mengatakan...

Hahahaha betul alfin... klw beat mentok bisa di kerja sampai 150cc,, itu dalam kategori bore up(over bor) jika di iringi dengan naiknya langkah piston alias stroke... beat bisa nyentuh angka 164-170cc... akan tetapi crankcase udah pasti di obrak abrik.. hehehe dan keselamatan si kuda tergantung dri tangan si penunggang... klw si penunggang selalu suka memecut si kuda kemungkinan si kuda bakalan ngambek.. dan akhirnya masuk kerumah sakit spesialis kuda besi wakwawkakwak..... satu saran saya. Piston gede atau cc tinggi bukan penopang kecangnya motor percuma klw seher gede, cc tinggi.. tapi lari gak ok... di bandingkan seher gak gede amat jehehe... tpi otak motornya(noken as) jozzz... pasti motor bakal ngibrit... semoga bermanfaat

Ampuni. mengatakan...

Beatnya naik stroke pakai pen stroke atau geser big hed? Klw pakai pen stroke setau saaya dri segala merk part recing... ukuran penstroke berukuran 1mm- 5,5mm,,,, atau mungkin ada part barunya lagi..

Ampuni. mengatakan...

Beatnya naik stroke pakai pen stroke atau geser big hed? Klw pakai pen stroke setau saaya dri segala merk part recing... ukuran penstroke berukuran 1mm- 5,5mm,,,, atau mungkin ada part barunya lagi..

Poskan Komentar

Tempat sharing informasi . Berbagilah ilmu di sini
Terimakasih