Speedometer Satria Fu Tiba-Tiba Mereset Di RPM Tinggi


Usah bingung jika sobat pemilik Suzuki Satria F 150 mengalami kejadian aneh di panel spidometer. Ya, misalnya ketika dipakai berkendara, tiba-tiba panel kecepatan yang digital itu seperti mereset.



Contohnya, saat ngebut kecepatan 100 km/jam lalu panel mati. Seketika, nyala kembali dan menunjukkan kecepatan yang sedang dialami. Proses nya berlangsung cepat!

“Panel spidometer juga pakai arus listrik. Jika kejadiannya seperti itu, kemungkinan ada arus terputus. Ini bisa dari sekring atau juga koneksi kabel,” ungkap Sugio, kepala mekanik Suzuki Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan.

Sekring Satria F jadi satu dengan relay starter alias bendik. Karena letaknya ada di dalam bodi belakang sebelah kanan, jadi rawan getaran. Baiknya periksa koneksinya. “Kalau kendor, arus dari aki ke kontak bisa terputus,” tambah pria yang tinggal di Depok, Jawa Barat itu.

Cek juga koneksi kabel ke spidometer. Terutama, positif (oranye) dan negatif (hitam-putih). Jika kabel positif putus, relatif aman. Tapi, kalau kabel massa, maka spido seperti error.

Karena ada arus masuk tapi tidak bisa terbuang. Terakhir, cek juga jaringan kabel yang letaknya dekat komstir. Takutnya, ada kabel yang putus karena kejepit segitiga...source

38 komentar:

Anonim mengatakan...

mas bro... mw tanya ni, saya udah upgrade satria fu saya pake kiprok tiger , soalnya pake projie ( HID ) , nah, awalnya lancar2 saja, pengisian oke, .
kemarin wktu saya cek ada kabel yang putus , trus saya benahi jg udah mau ngisi aki , saya jg aplikasikan volt meter sbgai penunjukan tegangan aki ,
problm yang saya hadapi sekarang adalah terkadang waktu rpm tinggi saya lihat sepintas speedo saya berkedip , sekitar 2 detik . pernah sampai lama , trus saya kurangi rpm jadi normal lagi,. nah, yang aneh kedua, pengisian aki ini jadi hunting , kadang cepat sekali ngisi, & cepat sekali drop .
pada saat stanby tegangan 12,7 Volt ,
apakah aki yang saya pakai ini sudah mengalami masa2 uzur ???

Yozgiee mengatakan...

Anonim : Ini saya berdasarkan pengalaman saya...Fu saya mereset sprdometernya kalo lagi buat lari kec.tinggi/RPM tinggi...setelah di analisa memang aki saya yang sudah uzur. pas saya ganti aki alhmdlilah sembuh sob... kalo punya sobat kan kelistrikanya uddah di ubah ke DC memangsih banyak kemungkinan buat hal yang itu..mungkin juga kabel pengisian agak kurang beres mungkin ada serat yang mau putus,yang bisa mengakibatkan pengsian ke aki jadi tidak lancar,kemungkinan nya lagi memang aki nya dah waktu nya ganti sob...cz setau saya kalo klistrikan DC dalam pengisian ke aki ada masalah,,seringnya akinya yang gampang soak,jadi nya ngefek juga ke mana mana

Anonim mengatakan...

mas broo mau tanya nih..
satria fu ku aku pasang HID 35Watt kok akinya tekor ya? padahal dah aku pasang alat anti tekor dan kiprok tiger.

Yozgiee mengatakan...

mencoba menjawab pertanyaan anonim.. coba cek kelistrikanya lagi dari spul nya sehat gagk..dan untuk masalah aki memang banyak kecenderungan tekor kalo di pakein HID sob, entah karna kelebihan beban atau gimana,,ini saya gogling menemukan cara yaitu dengan memasng Capacitor Bank dan Rillay (Harga 150 – 250k, garansi toko 2 bulan), dari yg jual selama ini belum ada yg komplain dgn cara ini. silakan mas bro kunjungi site ini
http://www.otomotif-modifikasi.info/sepeda-motor/ask-bagaimana-caranya-agar-aki-tidak-tekor-ketika-menggunakan-lampu-hid-help-gan.html

Anonim mengatakan...

Bro Yozgiee : Dimana Toko Daerah Jkt/Tanggerang Yg Bisa Saya Dapatkan Lebih Murah Untuk Part Satria FU-150 Thailand, Sbb:
1.Legshield Raider (SGP-Thailand)
2.Cowling Raider (SGP-Thailand)
3.Pipa Tsukigi
Bro Yozgie Tlng Jwbn Nya Di Kirim Ke Alamat Email Saya Yh agoexpunisher@yahoo.com Atau agoez_mboeing@yahoo.com
Mslh Nya Sy Jarang Online, Jhon Agoes Tanggerang (08777.474.7170)

Yozgiee mengatakan...

Anonim : Wah kalo daerah tanggerang saya kurang tau gan .. soale sya berdomisili di daerah jawatengah . . . saya sering dengar bengkel SIAM MOTOR gan ... coba kesana munkin bisa buat referensi . Silahkan cek ke tkp aja ini link nya http://www.siam-motoshop.com/

brurie mengatakan...

Tanya : Satria fu saya th 2004, oddometer skrg udah 99999,9 dan tidak mau bergerak lagi,,,, gimana ya meresetnya????

roby mengatakan...

saya juga mengalami hal yang sama,,,spidomotor fu saya tiba2 erorr coba bunyiin klakson ga bunyi,coba starter ga bisa juga, nyalain lampu sen aja ga kuat,,,apa itu dari skring yah? apa akinya yah,,,padahal usia motor baaru sekitar 2 tahunan

satria f mengatakan...

Gan ane mau nanya kenapa speedo meter ane mati ya,tp klu sen nyala dia jg nyala gan? Saya coba starter ama klakson normal tpi klu mesin hidup tiba2 speedo mati tpi klu sen nyala spedo jg nyala

Anonim mengatakan...

mass bro mw tanya ne rpm satria saya tiba2 mati sehabis melewati jalan yg berlobang itu penyebab-y apa ya? dan bagai mana cara mengatasi-y??? thank's_

Naufal mengatakan...

mas bro, tanya nih...
Satria FU saya th 2012. saya pake kenceng di 80 kmh aja mesin udah geter bgt dan rpm udah 7000 an. tiba2 motor saya langsung mati gitu aja.. gejalanya sebelum motor saya mati itu speedometer mati nyala mati nyala berkali2. saya biarin aja dan tetep saya terusin ngebut. eh tiba2 motor langsung mati.. itu kenapa ya..??? Pliss need help...

Beno mengatakan...

Mau tanya nih kalo misal nya tutup gear yg d blok mesin d copot , pengaruh nya apa ya ?

Unknown mengatakan...

Bro mau nanya nih knp mtor satria f sya klo buat nglakson sm ngesein ngeblank bahkan buat ngerem aja spedonya ngeblank.. Ksh infonya ya bos..


Mksih

Unknown mengatakan...

Gan...mw nanyak,,,upgrade satria fu pkai projie dan hid 55w sanggup ga ya gan,,wlwpun sudah d ganti
dgn kiprok tiger

Anonim mengatakan...

Wah kalo itu kemungkinan besar aki udah minta ganti gan . soalnya tegangan yang masuk ke sepedo berkurang karena di pakai oleh lampu rem / sen

Anonim mengatakan...

Sanggup saja gan . tapi kemungkinan aki lngsung tekor

Berbagi Ilmu Mesin Diesel mengatakan...

Om para sesepuh fu mau nanya nih fu ane panel speedometer dan kawan kawannya mati semua beserta starter juga . Tapi pas di engkol mesin nyala om. Apakah ada pengaruh dari CDI atau kiprok? . Soalnya CDI ane udah diganti pake BRT. Tapi 4 bulan pemakaian semuanya normal om. Mohon sarannya trims.

Berbagi Ilmu Mesin Diesel mengatakan...

Om para sesepuh fu mau nanya nih fu ane panel speedometer dan kawan kawannya mati semua beserta starter juga . Tapi pas di engkol mesin nyala om. Apakah ada pengaruh dari CDI atau kiprok? . Soalnya CDI ane udah diganti pake BRT. Tapi 4 bulan pemakaian semuanya normal om. Mohon sarannya trims.

Berbagi Ilmu Mesin Diesel mengatakan...

Om mohon sarannya dong

murni mengatakan...

Gue akan menjawab pertanyaan kalian semua. Tolong perhatiin baik2 ya! Hal pertama adalah cek ada gak kabelnya yang mau putus, lihat kepala aki, kalo berkarat tinggal diamplas, jika masih belum hidup coba air aki yang lama dibuang dan akinya dicuci pake air panas, kalo sudah bersih akinya direndam diair panas. Lalu isi kembali aki dengan air accu lunak (air hujan namanya kalo dipasaran). Setelah diisi maka tes tegangan arusnya dengan cara kedua kepala aki disambungkan dengan satu kabel tunggal secara bersamaan, kalo percikannya banyak udah sip!!, kalo masih error coba copot kabel nya yang hubungin ke velg. udah itu cek kendor apa nggak? Kalo kendor ya langsung kencangin. Kalo masih error udah deh buang aja tu motor.

Unknown mengatakan...

Bendik stater apa ngaruh kalo stater gak kuat digunakan ? padahal aki baru , kiprox baru serta saklar kanan fu baru ?

Gumilar Lazuardi mengatakan...

Cara reset kilometer yg ufah diyempuh speedometer itu gmn ya an thx

Karno mengatakan...

Mas kenapa satria fu ane pas ganti kiprok tiger knapa waktu jaln 50 kenapa kedip kedip kadang jg mati solusiya mas

Karno mengatakan...

Mas kenapa satria fu ane pas ganti kiprok tiger knapa waktu jaln 50 kenapa kedip kedip kadang jg mati solusiya mas

Unknown mengatakan...

Izin tanya suhu..
RPM satria fu saya klo lagi jalan kok gk hidup, wktu hidupin kunci kontak msh muter. Ada yg bilang krna sikringnya, ada jg bilang krna gk pke CDI standar lagi.. kira2 mslh nya dmna ya suhu🙏

Ikhsan mengatakan...

Mas,mau nanya nih
Saya kan pake fu nih...saya Bawa jalan >90 trus ada mobil no gol gk tau dari mana...trus saya rem aja si fu dan setelah itu mau digas kok mati yy...padahal saat direm tadi koplingnya saya tekan. .saat udah mau jalan lagi tiba" motor seperti mati gak bisa di gas...knp yy??mohon pencerahanya

Unknown mengatakan...

Mas bro mau tanya,speedometer saya cuma nyala lmpunya aja trus jarumnya jg g jlan kira" apnya mas???

Unknown mengatakan...

Gan mau tanya, ini satria f 2006 engkel udah diganti cdi shougun kebo,udh diporting, tapi kog spedo pas digas langsung mati, terus pas stasioner idup lagi, ini masalah y apa ya? Padal aki bagus, kiprok baru,

Unknown mengatakan...

Masnya pake cdi apa?

Unknown mengatakan...

Masak habis kiprok banyak gan, sama suruh ganti aki juga, =>lanjutan yg engkel 2006

Unknown mengatakan...

Mas suhu mnta saran.a aki saya baru , tapi spidometer eror mati nyala terus

Anonim mengatakan...

mas sy mau tnya fu sy 2010..emang sih aki tekor tp kuat buat spido...pertnyaan sy knpa speddo kcpatan sering ngaco jln nya..pdhl udh kenceng tp jln g aturan spido...gear dpn n rotor udah di bersihkan pdhal

Unknown mengatakan...

Knapa speedometer saya kl dibawa kenceng bs mati ya,,,,kl di bawa pelan gak.penyebabnya apa ya, ?

Unknown mengatakan...

Punya saya klo kecptn tinggi tiba" mati y

DADO mengatakan...

jwjw

Unknown mengatakan...

pak mau nanya saya punya satria fu spedometer nya pas di gas mati di rpm 1 aja sudah mati tapi kalo cuman di kontakin aja gak di hidupkan gak mati2 spedometer nya

Unknown mengatakan...

Mas mau tanya kalo sepedo meter kadang riset sendiri tp kalo nyalain sen normal lg
Itu knpa ya

Erik mengatakan...

Sama

Posting Komentar

Tempat sharing informasi . Berbagilah ilmu di sini
Terimakasih